Guru gak GapTek

Tuntutan kurikulum dalam penyampaian pembelajaran menuntut untuk meningkatkan kreativitas dan profesionalisme seorang pengajar.  Dengan perkembangan IT memberikan kemudahan para pengajar untuk memanfaatkan media IT dalam mencari sumber pembelajaran sampai penyampaian materi ajar. Namun kenyataan masih banyak pengajar dan pendidik belum masih menguasainya.  Salah satunya penggunaan internet.  Ada pertanyaan seorang siswa “Apa alamat e-mail, FB punyanya Bapak?” dari fenomena ini kadang ada seorang pengajar yang masih menahan malu karena belum punya akunnya. Rata-rata guru kita belum “gaul” menurut pandangan mereka para siswa. Salah satu ukuran “gaul” para siswa adalah menyangkut penggunaan teknologi, termasuk di dalamnya facebook. Saya mengajak para guru untuk tidak gaptek (gagap teknologi), karena sekali lagi, bahwa teknologi itu merupakan suatu konsekuensi perkembangan zaman.

Mungkin beberapa saran di bawah ini bisa dilaksanakan oleh kita para guru yang berkeinginan untuk “melek teknologi” :

  1. Mulailah memiliki akun facebook/e-mail, jika kesulitan bertanya ke siswa bukan pilihan yang buruk bukan?
  2. Bertahaplah menambahkan jaringan khususnya dengan para siswa kita sendiri, add satu persatu atau minta mereka untuk meng-add kita
  3. Kenali dan manfaatkan fitur-fitur facebook/e-mail dengan cerdas, yang penting dapat menyentuh siswa-siswa kita dengan lebih personal
  4. Aktiflah di group atau aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan pembelajaran (elearning).
  5. Selain punya akun di internet, coba cari-cari sumber belajar dengan browsing, download materi pelajaran sehingga bahan ajar dapat diperoleh melalui e-library.

Kesimpulan

Di tengah isu profesionalisme guru saat ini, dimana guru dituntut untuk mampu memberikan pembinaan optimal terhadap siswa-siswanya, tentunya salah satu indikatornya adalah hubungan antara guru dan siswa yang harmonis, guru sebagai pamong. Kehadiran facebook/e-mail sebagai sebuah konsekuensi perkembangan teknologi sepatutnya dapat menjadi suatu momentum berharga bagi para guru profesional untuk meningkatkan kualitasnya, dengan merangkul siswa lebih personal. Dengan penguasaan IT memberikan peluang besar untuk terjadinya proses E-Learning yang lebih aktraktif dan kompeten.

Mari menjadi guru profesional!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s